RSS

Tugas Softskill ke-2

21 Apr

1. Coba anda ukur tentang konsep diri anda!

Jawab :

Konsep diri merupakan sifat yang unik pada manusia, sehingga dapat digunakan untuk membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya.

tertutup -10<———————>10 terbuka

Menurut saya, saya orang yang cukup terbuka kepada orang-orang yang saya dekat dengan saya. Tetapi saya akan menjadi seseorang yang tertutup apabila berhaapan dengan orang yang tidak saya kenal atau tidak saya sukai.

2. Coba anda tanyakan ke teman anda tentang konsep diri anda!

Jawab :

Menurut teman-teman saya yang cukup dekat, saya termasuk kedalam orang yang terbuka. Apabila saya mempunyai masalah dan saya butuh solusi untuk memecahkan masalah tersebut, saya tak segan untuk bercerita dan meminta solusi dari mereka teman terdekat saya. Tak jarang mereka selalu member motivasi kepada saya.

3. Apa yang dimaksud dengan motivasi?

Jawab :

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.

4. Dalam kepemimpinan ada sifat demokratis dan otokratis. Coba jelaskan!

Jawab :

a.  Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.

b. Gaya kepemimpinan otokratis kadang-kadang dikatakan kepemimpinan terpusat pada diri pemimpin atau gaya direktif. Gaya ini ditandai dengan sangat banyaknya petunjuk yang datangnya dari pemimpin dan sangat terbatasnya bahkan sama sekali tidak adanya peran serta anak buah dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Pemimpin otokratis adalah seseorang yang memerintah dan menghendaki kepatuhan. Ia memerintah berdasarkan kemampuannya untuk memberikan hadiah serta menjatuhkan hukuman.

5. Apa yang dimaksud dengan teori X dan teori Y. Bagaimana dalam penerapan kepemimpinan?

Jawab :

a. Teori X = Teori X menyatakan bahwa sebagian besar orang-orang ini lebih suka diperintah, dan tidak tertarik akan rasa tanggung jawab serta menginginkan keamanan atas segalanya. Lebih lanjut menurut asumís teori X dari McGregor ini bahwa orang-orang ini pada hakekatnya adalah :
1. Tidak menyukai bekerja
2. Tidak menyukai kemauan dan ambisi untuk bertanggung jawab, dan lebih menyukai diarahkan atau diperintah
3. Mempunyai kemampuan yang kecil untuk berkreasi mengatasi masalah-masalah organisasi.

4. Hanya membutuhkan motivasi fisiologis dan keamanan saja.
5. Harus diawasi secara ketat dan sering dipaksa untuk mncapai tujuan organisasi.

b. Teori Y = Teori ini memiliki anggapan bahwa kerja adalah kodrat manusia seperti halnya kegiatan sehari-hari lainnya. Pekerja tidak perlu terlalu diawasi dan diancam secara ketat karena mereka memiliki pengendalian serta pengerahan diri untuk bekerja sesuai tujuan perusahaan. Pekerja memiliki kemampuan kreativitas, imajinasi, kepandaian serta memahami tanggung jawab dan prestasi atas pencapaian tujuan kerja. Pekerja juga tidak harus mengerahkan segala potensi diri yang dimiliki dalam bekerja.

 
Leave a comment

Posted by on April 21, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
